Saturday, October 27, 2012

Cara mengetes kualitas burung merpati tinggian

Burung merpati lampung - Cara mengetes kualitas burung merpati tinggian : bagi anda yang ingin membeli burung merpati untuk tinggian dengan kualitas bagus, tentunya dengan harga bagus, mungkin jika anda memiliki burung merpati sendiri dan ingin mengetes mental burung merpati kesayangan anda, berikut beberapa tips mengetahui kualitas mental burung merpati tinggian : 

TAHAP 1 : Mengetes Kualitas(Kerja) Mata Burung

1. Awal mula arahkan mata pada sinar biasanya akan tjd reaktif pada pupilnya.
2. Lepasan 1 burung nitik dgeber 3/4 sekali jadi (bs pd Cuaca panas jg mendung)
3. Lepasan 2 burung nitik dgeber jam 12 sekali jadi
4. Lepasan 3 burung nitik dgeber jam 1 sekali jadi

TAHAP 2 : Mengetes Kualitas(kerja) Mental Burung dan Otak/Kecerdasan

1. Untuk mengetes mental berikan lawan main dengan burung galak maupun slow, dari situ akan keliatan waktu start burung harus mau tempel/gandeng rapi. Kemudian waktu landing mental burung yang bagus akan terlihat seperti kejar2an stut seakan tidak mau didahuluin ini yang sering bikin merpati saya cedera bahkan mati sewaktu landing karena ketatnya persaingan stut dengan lawan. Sering saya sebut mental jago dan masih banyak lagi cara lain melihat dan mengetes mentalnya.

2. Untuk mengetes kecerdasan coba pindahkan burung ke tempat latih yang berbeda dari situ akan kelihatan bila burung yang cerdas akan lebih cepat menyesuaikan diri dan langsung punya jalur. Berikutnya kemampuan trick fighting, biasanya burung yang cerdas memiliki skill, karakter, style, ciri/sifat khas atau trick fighting tersendiri dan juga berlainan. Misalnya (Cutting Holder/memotong dan menahan stut lawan, Shock Manuver/Kemampuan methil yang mengagetkan lawan, Start Upper/ciri burung untuk gandeng nggantung diatas lawan ini favorit saya karena punya stut dobel dan juga sering bikin drop mental lawan, Single Fighter/Sifat tarung yg melemahkan mental lawan sewaktu mengudara ini biasanya pada ciri burung yang suka ninggal lawan, Shooter 90/sering biasa disebut style Nge-L burung biasanya punya kemampuan methil turun jejeg beberapa meter dari depan landasan baru kemudian tembak lurus kearah geberan dan masih banyak karakter, ciri, sifat baru yang lainnya)

TAHAP 3 : Mengetes Control Burung
1. Untuk mengetes control tenaga bisa diketahui check air shack, semakin tebal air shack merpati akan semakin banyak pula kandungan oksigennya. juga bisa dengan uji reliabilitas burung, lepaskan burung dengan jarak tertentu minimal 9 kali pagi, siang dan sore dari situ burung yang control tenaga bagus akan kelihatan tidak loyo dan terbang tetap/ ajeg ketinggiannya maupun stutnya pada waktu turun(Orang bilang tergantung pd kondisi fisik burung, namun jika kita ingin beli kita juga harus jeli membedakan antara kondisi fisik dengan alasan pemilik burung yg jaim ketika ditest burungnya ternyata jelek).

2. Kemudian biasanya burung yang mempunyai control tenaga bagus akan memiliki control yang bagus juga pada fisiknya misalnya sekenceng apapun stut burung juga harus punya rem2an yang dobel cakram u/ masalah ini harus bisa membedakan antara burung mental jago dengan yg asal gabruk karena pada burung yang mental jago biasanya bila terlalu ketat persaingan stutnya baru gabruk/jeblos lain halnya dengan burung yang asal gabruk biasanya bisa terlihat sewaktu burung terbang sendiri turun malah gabruk.

TAHAP 4 : Mengetes Kualitas Bulu

1. Hal pertama yang mesti dilakukan ialah mencelupkan burung ke dalam ember berisi air, burung yang bagus biasanya sulit sekali untuk basah pada bulunya karena menandakan lapisan lilin pada bulu burung sangat tebal. Fungsi lapisan lilin pada bulu merpati sendiri ialah untuk menjaga keseimbangan tubuh burung ketika terjadi pergesekan dengan angin sewaktu burung turun. Dan juga mampu menetralisir suhu udara.

Artikel Terkait tips

No comments:

Post a Comment