Tuesday, March 19, 2013

cara melatih burung merpati kolongan

burung merpati kolongan
cara melatih burung merpati kolongan : Merpati kolongan merupakan suatu bentuk seni dalam hobi merpati. kita mengetahui bahwa seni bermain merpati banyak jenisnya, banyak pertanyaan dari para sahabat-sahat pecinta burung merpati kolongan khusunya yang ada di gelanggang lampung. permainan merpati kolongan / kalangan merupakan ajang kompetisi baik si merpatinya sendiri juga pemilik guna menilai seberapa besar kemampuan serta pengalaman kita didalam dunia merpati ini, berikut dibawah ini cara melatih burung merpati kolongan
  1. Latihnya pertama kali main line ( garis ) terlebih dahulu.
    Sendiri terlebih dahulu sampai kira kira 300m bahkan kalo lancar sampai 1,2 Km Tetap Sendiri Kecuali Susah di Unthuli (pakai Burung Pelatih).
  2. Kemudian Sesekali gandeng dengan burung tinggian. ( karena burung kolong murni butuh tinggi ) tidak seperti daerah jawa tengah bagian barat atau pun beberapa tempat lainya burung kolong kok terbangnya rendah) karena ini bisa mengalahkan burung jabay sekalipun. dapa saat melawan burung jablay akan di angkat terbang dan alhasil, burung jablay Keok.
  3. Kemudian lepas sendiri sampai 1 KM supaya melatih memory otak burung merpati tersebut. ( kalo burung kolong itu harus lurus sampai lapak ).
  4. kemudian tarik kembali dara awal lagi jangan langsung jauh lagi supaya mau naik dan tinggi.
    Gandengkan dengan unthul ( burung jadi tinggi ) supaya ngikut tinggi.
  5. Trik Selanjutnya yang perlu di perhatikan Misalkan hari Senin,selasa,rabu jangan di masukan kenapa karena lomba biasanya kalo tidak hari sabtu ya minggu. jadi biasakanlah untuk memasukan ke kolongnya hari jumat, sabtu dan minggu.
  6. tinggi pal tiang biasanya 8M standard dari atusan persatuan merpati indonesia. nah kita buat lapak tinggi palnya 9m bila perlu 10M dikarenakan apa jika kita sudah biasa melatih tinggi pal tiang diatas 8M berati kita jika mengikuti lomba burung kita sudah biasa masuk diatas 8M, berarti enteng untuk burung masuk tinggi tiang pal 8M.
  7. Carilah burung perempuan yang cepet bertelor supaya sering main/dilatih.
    Jika memungkinkan carilah burung beda warna atau warna betina tidak standard, burung yang jarang sekali warnanya adalah burung dengan warna bule ini bisa jadi alternatif kenapa karena warna ini jarang sekali ada burung berwarna bule, kentunganya adalah jika meleset atau kabur susah di tangkap sama orang.
  8. jangan sampai di suruh mengerami sampai mecah telornya tenaga akan berkurang jika sampai jadi anak apalagi tenaga akan terkuras alhasil susah untuk menang lomba.

Artikel Terkait tips

1 comment: